oleh

Pedang Pora Iringi Farewell Parade Kapolres Banyuwangi

DETIKFAKTA – Tongkat Kapolres Banyuwangi yang dipegang AKBP Donny Adityawarman SIK Msi berpindah ke AKBP Taufik HZ SIK SH MH. Serah terima jabatan ini dikemas dalam acara “Farewell Parade Kapolres Banyuwangi”.

Acara yang digelar di Halaman Mapolres Banyuwangi, diawali dengan kedatangan Kapolres baru disambut dengan tradisi Pedang Pora. Acara lepas sambut pejabat lama dan baru Kapolres Banyuwwngi ini berlangsung Selasa (13 /11/2018).

Tiba di halaman Mapolres Banyuwangi, pejabat lama AKBP Donny Adityawarman menyambut AKBP Taufik , dengan pengalungan dan pemberian buket bunga. Dilanjutkan dengan acara prosesi pedang pora oleh para perwira pertama yang dipimpin komandan pedang pora Iptu Pol. Lipur.

Tradisi pedang pora pada acara penyambutan selamat datang kepada Kapolres baru mengandung makna bagaimana perwira-wira lainnya akan senantiasa setia. Untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas.

Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama. Dengan membentuk lingkaran pedang pora, bermakna tugas memanyungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir.

Usai memasuki gerbang pedang pora, AKBP Taufik , bersama Ketua Bhayangkari didampingi Waka Polres Kompol Oskar Samsudin. Disambut para Kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta Bhayangkari. Hadir pula seluruh personil Polres Banyuwangi. Pimpinan baru mereka disambut dengan Tarian Gandrung penyambutan Kapolres Banyuwangi, hingga ia memasuki ruang kerja Kapolres.

“Mohon kerjasama semua pihak. Saya siap melanjutkan apa yang sudah dikerjakan bapak Donny”. Kata Kapolres Banyuwangi kelahiran Sunda, yang sebelumnya mengemban tugas Kapolres Bondowoso.

Kapolres baru Banyuwangi, AKBP Taufik menuju ruang Rupatama Polres Banyuwangi untuk mengikuti laporan kesatuan. Sekaligus melepas AKBP Donny Adityawarman melalui prosesi payung pora. Taufik menyampaikan terima kasih kepada jajarannya setelah memimpin cukup baik di Bumi Blambangan, selama 11 Bulan. Selanjutnya AKBP Donny Adityawarman akan menempati kursi activiras baru sebagai Wakapolresta Sidoarjo jatim. (BUT)

Loading...

Baca Juga