oleh

Polres Polman Lakukan Patroli Dialogis dan Pengamanan Gereja

DETIKFAKTA – Minggu, 18 November 2018 pukul 09:00 sampai 11:00 WITA, personel Satuan Lantas Polres Polman secara rutin memberikan tugas pelayanan publik kepada masyarakat Kabupaten Polman yang sedang beribadah Gereja pada hari Minggu di beberapa Gereja. Diantaranya, Gereja Musafir Lantora, Gereja Toraja Jemaat Polewali dan Gereja Toraja Mamasa Jemaat Sion Polewali.

Personel Siaga Lantas dalam pelaksanaan tugas nya Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) ini melaksanakaan beberapa peran tugas, yaitu :

a. Preemtif yaitu secara edukatif persuasif mengunjungi dan mengajak para pemuda-pemudi gereja untuk bersinergi menjaga kamtibmas yang kondusif. Dan berkenan memberikan informasi kepada pihak kepolisian. Jika ada informasi yang berpotensi terjadinya kerawanan gangguan kamtibmas.

b. Preventif yaitu dengan membantu pengaturan lalu lintas. Dan membantu menyeberangkan jemaah gereja yang akan masuk dan pulang selesai ibadah di depan gereja.

c. Represif jika ditemukan potensi pelaku yang indikasinya mengganggu jalannya ibadah akan dibawa ke Polres. Untuk diamankan dan dimintai keterangan secara prosedural tegas dan humanis.

Program kerja Sat Lantas Polres Polman yang dilaksanakan oleh jajaran Sat Lantas ini merupakan implementasi mendukung program Kapolres Polman AKBP Muh Rifai SH SIK. Menurut Kapolres, setiap manusia harus berguna buat manusia lain.

“Jadilah sebagai Polisi yang bermanfaat bagi masyarakat sesuai hadist riwayat Ahmad. Yaitu sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya. Serta ditekankan oleh Wakapolres Polman Kompol Mihardi M dengan jargonnya yaitu mari mewujudkan amang amang Polmang,” ujar pimpinan Polres Polman

Maka dari itu Sat Lantas Polres Polman terus berupaya hadir ditengah-tengah masyarakat. Untuk mewujudkan pelayanan maksimal membangun rasa aman di hati masyarakat. Dengan kehadiran Polisi sebagai perwujudan negara hadir di masyarakat menjadi Polisi yang Promoter (Profesinal, Modern dan Terpercaya).

Tugas Polisi Lalu lintas Satlantas yang dipimpin Kasat Lantas Polres Polman AKP Suhartono ini merupakan bagian dari implementasi Democratic Policing. Yaitu polisi yang mengormati HAM, transparan dan profesional. Polisi yang memahami apa yang diinginkan masyarakat tentang rasa aman termasuk di jalan. Harapan masyarakat itu sejahtera dan sejahtera tak tercapai tanpa kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat.

Model democratic policing menghadirkan Polisi ditengah-tengah masyarakat harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kabupaten Polman yang dilayani. Agar berfungsi dengan baik dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Oleh karena itu Sat Lantas Res Polman turun ke masyarakat setiap hari secara proporsional berdasarkan asas nesessitas. Sesuai kebutuhan situasi kamtibmas untuk bertugas menyapa masyarakat. (MIL)

Loading...

Baca Juga