oleh

DPRD Banyuwangi Gelar Rapat Kerja Bersama Pihak Tambang Emas PT BSI

DETIKFAKTA – Rapat Kerja Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Banyuwangi bersama PT. Bumi Suksesindo ( PT BSI) dan Eksekutif pemerintah kabupaten Banyuwangi yang dilaksanakan di ruang rapat khusus Dewan. jum’at (1/3/2019)

Terkait dengan pengelolaan tambang emas di wilayah tumpang pitu DPRD Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar rapat kerja bersama eksekutif dan PT BSI. PT ini selaku operator tambang emas yang berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran.

Rapat kerja dipimpin Wakil Ketua, H.Joni Subagio,MH dihadiri anggota dewan dari berbagai komisi. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Samsudin Juga terlihat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Chusnul Khotimah, Kepala Badan Pendapatan daerah, Agus Siswanto. Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang, Komang, serta jajaran direksi PT BSI

“Rapat kerja ini sebagai tindak lanjut aspirasi masyarakat. Terkait dengan pengelolaan tambang emas Tumpang Pitu,” kata Wakil Ketua DPRD, H.Joni Subagio

“Selain itu, kalangan dewan ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci terkait progress penyertaan modal Pemerintah daerah di PT. Merdeka Cooper Gold.Tbk selaku induk perusahaan PT.BSI.

“Sebenarnya domain kita ini bersama PT.Merdeka Copper Gold selaku induk perusahaan PT BSI. DPRD ingin croscek antara penjelasan dari eksekutif yang kami nilai belum kongkrit. Kita tanyakan kepada PT.BSI, benar atau tidak yang disampaikan eksekutif, ini kita cari titik temunya, “ ucap Joni Subagio

“Dijelaskan, dalam rapat kerja tersebut, banyak hal yang ditanyakan oleh anggota DPRD, mulai dari nilai saham, deviden hingga perpindahan NPWP PT.BSI dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setiabudi Jakarta Selatan ke KPP Pratama Banyuwangi” jelas joni

“Alhamdulillah NPWP PT BSI sudah pindah ke KPP Pratama Banyuwangi, sehingga daerah akan mendapatkan sharing  pendapatan pajak dari total pajak yang dibayarkan PT BSI, ini salah satu keuntungan yang didapatkan oleh Kabupaten Banyuwangi”

Menurut Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa Banyuwangi ini, rapat kerja yang dilakukan lembaga wakil rakyat adalah untuk kepentingan masyarakat dalam bingkai Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sementara pihak direksi mewakili jajajaran PT BSI saat dikonfirmasi pertanyaan terkait keluhan masyarakat setempat mengenai lingkungan di sekitar pertambangan mengatakan.

” kami sudah melakukan kajian lingkungan di sekitar tambang yang ramah lingkungan, keperdulian kita fokus pada pendidikan dan kesehatan masyarakat sekitar, dan lebih jelasnya silakan dipertanyakan langsung kepada masyarakat sekitar bagaimana kita sudah memberikan kontribusi terhadap masyarakat Sekitar tambang”. (EST)

Loading...

Baca Juga