oleh

Januari Hingga April 2019, Penjualan Truk Hino Tetap Jadi Market Leader

DETIKFAKTA.ID – Posisi Truk Hino sebagai market leader selama 19 tahun tidak tergeser oleh menurunnya pasar kendaraan komersial pada periode Januari hingga April 2019. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat terjadi penurunan 16% jika dibanding periode yang sama tahun lalu.

Menurut Direktur Penjualan dan Promosi  PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo, penurunan ini banyak pengusaha yang masih “wait and see”. Mereka menunggu untuk investasi di bisnis mereka sampai tahapan atau penetapan pemilu berakhir.

Sementara itu penjualan truk Hino sendiri selama periode Januari – April 2019 ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 10.528 unit. Terdiri dari heavy duty truck 42 unit, medium duty truck 6.077, dan light duty truck 4.409 unit. Hasil ini menunjukkan bahwa kepercayaan costumer terhadap truk Hino tetap tinggi.  

“Hasil ini cukup baik. Dimana market share Hino tetap terjaga di kondisi pasar yang menurun. Hino Ranger terus menguasai pasar dengan market share 62.46% dan terus menjadi raja atau market leader dalam 19 tahun terakhir ini,” kata Santiko Wardoyo pada acara buka bersama awak media, di Wisma Indomobil II, jalan MT Haryono Kav 9, Jakarta Timur, Kamis (23/5/2019).

Lanjutnya, hal  ini membuktikan kepercayaan customer kepada truk Hino. Sementara itu untuk light duty truck, Hino berhasil menguasai pasar 21% dan terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Kontribusi terbesar bagi penjualan Hino selama periode ini adalah segmen kargo truk 6×2 Hino Ranger FL 235 JW. Truk Hino jenis ini berkontribusi 27% atau terjual 1.661 unit. Di segmen konstruksi dan pertambangan truk 6×4, Hino Ranger FM 260 JD sebanyak 27% atau 1.616.

Baca Juga :  Alumni UCY KH Haris Hakam Akan Hadiri Reuni Akbar

Sementara di kelas truk ringan, Hino Dutro 130 HD menjadi yang paling dominan dengan kontribusi 61% atau 2.709 unit. Truk inidikenal lincah dan banyak digunakan di segmen konstruksi, perkebunan dan galian pasir.

“Best fit product bagi customer menjadi kunci kami, dalam memberikan pelayanan terbaik bagi customer, untuk itu kami terus semaksimal mungkin memberikan nilai lebih bagi customer sehingga produk kami terus dipercaya sebagai rekan bisnis mereka,” jelas Santiko Wardoyo. (AMN)

Loading...

Baca Juga