oleh

Aksi Unjuk Rasa di Cianjur Berakhir Panas, 3 Polisi Terbakar Api (Video)

DETIKFAKTA.ID – Unjuk rasa di Cianjur yang dilakukan oleh kelompok yang menamakan OKP Cipayung Plus berakhir dengan kericuhan. Aksi tersebut berlangsung di depan gedung DPRD Cianjur jalan KH Abdullah Nuh dan Kantor Pemda Kabupaten Cianjur jalan Siti Jenar.

Adapun penyebab massa aksi berunjuk rasa akibat belum terlaksananya visi dan misi para anggota dewan. Massa aksi merasa masih banyak pengangguran karena kurang lapangan kerja dan buruknya kualitas SDM. Pemda Cianjur dinilai tidak serius dalam mengelola sektor pendidikan.

“Kita sebagai Mahasiswa Cianjur ingin menyuarakan keadilan dan kebenaran. Kita lihat hari ini berapa persen masyarakat yang menganggur akibat lapangan kerja yg sempit. Kurangnya perhatian pendidikan masyarakat Cianjur menyebabkan SDM yang buruk,” ujar Korlap Aksi M. Fadil Fahmi dalam pernyataannya, Kamis (15/8/2019).

Baca Juga :  Wabup Buka Kejuaraan Menembak Kodim 1011 Kapuas Cup I

Lanjut Fadil, awalnya aksi berjalan tertib. Mulai pukul 09.00 pagi sampai 11.00 WIB mereka melakukan aksi di DPRD Cianjur dan diterima perwakilan DPRD. Aksi unjuk rasa di Cianjur mulai memanas saat massa aksi bergerak ke Pemda, sekitar pukul 12.30 WIB. Kericuhan diawali dengan pemblokiran jalan Siliwangi (depan pintu masuk Pemda Kabupaten Cianjur) oleh massa aksi. Pemblokiran ini mengakibatkan kemacetan arus lalin sepanjang jalan Siliwangi Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat.

Sekitar pukul 13.00 WIB, massa aksi melakukan pembakaran ban. Anggota kepolisian yang mengawal aksi ini kemudian mencoba mematikan api. Saat api sedang berusaha dipadamkan, nampak seseorang yang berada di massa aksi menyiramkan cairan yang diduga bahan bakar ke sekitar ban. Api kemudian membesar dan menyambar anggota polisi yang mencoba memadamkan api tersebut.

Saat api menyambar ke tubuh beberapa anggota polisi, sebagian anggota polisi yang lain berusaha untuk memolong temannya, sedangkan sebagian lain mengejar massa aksi yang berlarian saat melihat ada anggota polisi yang terbakar. Aksi unjuk rasa di Cianjur pun berakhir dengan kericuhan.  

Berdasarkan pernyataan korlap aksi OKP Cipayung Plus, ada 3 anggota polisi yang terbakar. Mereka adalah Aiptu Erwin, Bripda Yudi Muslim dan Bripda F A Simbolon. Anggota Kepolisian yang mengalami luka bakar langsung dilarikan ke RSUD Cianjur untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca Juga :  Jokowi Beli Motor Baru Warna Hijau, Ini Alasannya

Pasca aksi unjuk rasa di Cianjur ini, kepolisian setempat mengamankan 11 orang massa aksi. (RYO)

Loading...

Baca Juga