oleh

SMP Negeri 2 Gambiran Banyuwangi Nguri-Nguri Budaya Lokal

DETIKFAKTA.ID – SMP Negeri 2 Gambiran menjadi peserta favorit versi masyarakat dalam perhelatan Karnaval tingkat SMP Se-Kecamatan Gambiran. Berbagai tema diusung oleh group peserta karnaval untuk memeriahkan HUT-RI ke 74 Tahun Indonesia merdeka, Selasa (27/8/2019) di kawasan kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gambiran Sukaryanto disela-sela acara mengatakan sekolahnya mencoba mengangkat budaya dan kesenian lokal. Hal ini untuk mengenalkan siswa pada ratusan atau bahkan ribuan kesenian lokal yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan mereka mengenakan pakaian dan segala pernak pernik kesenian lokal, masyarakat yang melihatnya bisa mengingatkan kembali ke nuansa indahnya kesenian dan budaya lokal.

“Harapanya dengan tema ini dapat membantu  mengangkat harkat dan martabat bangsa indonesia di mata dunia. Karena niat dan keinginan dari kita, untuk nguri-nguri (membangkitkan kembali-red) kesenian dan budaya lokal daerah yang penuh kearifan,” katanya

Baca Juga :  FA-UIB Kutuk Keras Tragedi Terhadap Umat Muslim Uyghur

Ia bersyukur tema yang diangkat mendapat apresiasi dari masyarakat. Dari awal hingga akhir dan sepanjang jalan yang di lalui rute karnaval tak henti-hentinya ratusan masyarakat memuji penampilan SMP Negeri 2 Gambiran. Berdasarkan pemilihan tema dan aplikasi, SMP ini menjadi peserta favorit versi masyarakat. (EST)

Loading...

Baca Juga