oleh

Sekretariat dan Pengcabor KONI Kapuas Dilatih Tata Kelola Keuangan

DETIKFAKTA.ID – Komite Olarhaga Nasional Indonesia Kabupaten Kapuas (KONI Kapuas) menggelar pelatihan tata kelola keuangan. Pelatihan ini dimaksudkan agar pengelolaan anggaran keuangan disusun secara transfaran, akuntabel, efisien dan efektif.

Demikian yang dikatakan oleh H. Saferianysah Ketua KONI Kabupaten Kapuas saat membuka Pengelolaan Keuangan Sekretariat Koni dan Cabang-cabang olahraga di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Sabtu (21/9/2019). Ia menjelaskan, pada dasarnya seluruh staf di sekeretariat KONI Kapuas serta Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) sudah paham cara mengelola dan melaporkan anggaran.

Ia mencontohkan, masuk dan keluarnya anggaran yang mereka terima. Namun ia berharap dengan diberikannya pelatihan tata kelola keuangan ini, ke depan mereka lebih cakap dan mengerti fungsi serta tugas yang diberikan kepadanya.

“Saya berharap dengan diberikanya Pelatihan Pengelolaan keuangan ini, semua Pengurus Cabor dan Sekretariat paham. Bagaimana mengelola anggaran keuangan yang mereka dapatkan dengan secara transfaran, akuntabel, efisien dan efektif terlebih kehati-hatian. Sehingga tidak berbenturan dengan hukum,” tegas Ketua KONI Kapuas, Sabtu (21/9/2019).

Sekretariat dan Pengcabor KONI Kapuas Dilatih Tata Kelola Keuangan
Suasana kegiatan pelatihan di Aula Kantor Bappeda Kapuas, Sabtu (21/9/2019).

Dalam pelatihan ini, KONI Kapuas menghadirkan pelatih dari Badan Dinas Kantor pajak sebagai narasumber. Penjelasan seperti prosedur kelengkapan berkas narsumbernya dari inspektorat Untuk prosedur pengusulan hibah dari Bappeda, pencairan belanja hibah dari dispora dan pembukuan laporan.

“Dan pertanggungjawaban belanja hibah dari BPKAD serta Pajak pengelolaan barang jasa dari kantor pajak,” katanya.

Lebih lanjut H Firin menjelaskan, agar pengurus KONI dan Cabor mengikuti dengan baik pelatihan tersebut. Semua dipelajari dan didalami ilmu yang diberikan oleh narasumber.

“Lalu diimplementasikan dalam memberikan laporan sekaligus pertanggung jawaban dana yang diterima,” ujar H.Firin sapaan akrab Ketua Umum KONI Kapuas. (HER)

Loading...

Baca Juga