oleh

FTUI Kembangkan Budidaya Lele Bioflox di Pesantren Darussalam

DETIKFAKTA.ID – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membantu pengembangan teknologi di pondok pesantren Darussalam, Bogor. Lewat program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), FTUI mengenalkan budidaya lele sistem bioflox.

“Tema besar PKM kali ini adalah iptek untuk Pemberdayaan Masyarakat. Adapun sub-temanya adalah “Budidaya Lele Sistem Biofloks untuk Home-industry Pangan Lokal Berbasis Teknologi Sederhana dan Ramah Lingkungan,” ujar Ali Achmudi, Pengasuh Pesantren Darussalam.

Ia menambahkan pengertian biofloc adalah flok atau gumpalan-gumpalan kecil yang tersusun dari sekumpulan mikroorganisme hidup yang melayang-layang di air.

“Teknologi biofloc ialah teknologi yang memanfaatkan aktivitas mikroorganisme yang membentuk flok,” imbuhnya pada Minggu, (17/11/2019) di Area Pesantrem Darussalam, Bogor, Jawa Barat.

Acara turut dihadiri Guru Besar Fakultas Teknik UI, Prof Dr Ir Iwa Garniwa, MT. Beliau banyak menyampaikan masukan, arahan dan bantuan demi terwujudnya program ini. Kedepan UI akan terus meningkatkan sinergi dengan Pesantren Darussalam dalam rangka Tridarma Perguruan Tinggi.

“Mangga para dosen UI yang lain untuk mampir menikmati produk pesantren. Diantaranya segarnya sayur daun kelor, hangatnya teh daun kelor, serta lezatnya abon lele, kripik ekor dan sirip lele. Serta pecak lele yang sungguh nikmat,” pungkas Ali. (RYO)

Loading...

Baca Juga