oleh

Lewat Gerakan Rehabilitasi IBM, BNNK Jakarta Utara Tingkatkan Kesadaran Penyalahgunaan Narkoba di Kelurahan Warakas

DETIKFAKTA.IDBadan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Utara meningkatkan kesadaran penyalahgunaan narkotika di Kelurahan Warakas, Tanjung Priok melalui gerakan rehabilitasi Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Gerakan mulai digaungkan melalui kolaborasi, baik bersama aparatur kelurahan, elemen masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya atau stakeholder.

Kepala BNNK Jakarta Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bambang Yudistira mengatakan Kelurahan Warakas merupakan salah satu dari tujuh belas kelurahan di Jakarta Utara yang rawan terhadap penyalahgunaan narkotika.

Untuk itu, gerakan rehabilitasi IBM perlu digencarkan dengan mengedepankan kearifan lokal masyarakat sekitar demi menciptakan Kampung Bersinar (Bersih Narkoba).

“Setiap daerah penerapan gerakan rehabilitasi IBM itu berbeda-beda sesuai dengan kearifan lokal di sana. Kami serahkan metode pendekatannya kepada masyarakat. Kami (BNNK Jakarta Utara) dan pemerintah kota tentunya hanya sebagai fasilitator dengan harapan seluruh masyarakat memahami dan tidak takut melaporkan penyalahguna narkoba untuk menjalani rehabilitasi. Semuanya gratis,” ungkap Bambang usai menggelar webbinar nasional BNNK Jakarta Utara di Hotel All Sedayu, Kelapa Gading, Rabu (8/9).

Mengawali kolaborasi ini, Sub Koordinator Seksi Rehabilitasi BNNK Jakarta Utara dr Novianti Purnamasari menjelaskan kegiatan diisi dengan webbinar nasional bertema ‘Selamatkan Generasi Muda dari Ancaman Narkoba di Era Pandemi Dengan Gerakan Kampung Bersinar’.

Kegiatan yang diikuti lebih dari tiga ratus peserta secara dalam jaringan (daring) melalui aplikasi zoom meeting menghadirkan pembicara kunci seperti Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UHAMKA, Profesor Ade Hikmat, dan Kepala Seksi Pemberantasan BNNK Jakarta Utara, Trah Hidayat Djati.

Termasuk tiga narasumber lainnya mulai dari Kepala BNNK Jakarta Utara, AKBP Bambang Yudistira, Dosen UHAMKA, Hermawan Saputra, dan Duta Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) sekaligus publik figur, Shahnaz Haque.

“Gerakan Rehabilitasi IBM ini sama seperti sebelumnya. Semua elemen melebur menjadi satu melahirkan program pemetaan, penjangkauan, dan pendampingan kepada penyalahguna narkoba. Mereka selalu aktif bergerak menjalankan semangat gerakan tersebut sehingga penyalahguna kembali ke jalan yang benar dan yang masih bersih tetap bersih dari penyalahguna narkoba,” jelasnya.

Lurah Warakas, Makhrus Nugroho menerangkan gerakan rehabilitasi IBM ini merupakan lanjutan dari program Kampung Bersinar yang sejak tahun 2020 lalu telah melahirkan lima orang agen pemulihan narkoba.

Seluruh elemen yang terlibat dalam gerakan ini memberikan jembatan bagi pecandu narkoba untuk menjalani rehabilitasi tanpa ada kekhawatiran terhadap identitas pelapor maupun ancaman hukuman bagi penyalahguna narkoba itu sendiri.

“Jadi gerakan ini dari masyarakat untuk masyarakat. Menyebarkan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat luas termasuk mengajak penyalahguna narkoba untuk mengikuti rehabilitasi,” tutupnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga