oleh

Kurangi Sampah Dari Asalnya, Warga RW 05 Kelurahan Marunda Terima Plastik Sampah Pilah

DETIKFAKTA.ID – Sudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara menghadiri kegiatan serah terima fasilitas Kantong Pilah (PROGRAM PHINLA) di Kantor Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (13/9/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat RW 05 dalam mengurangi sampah di lingkungan tempat tinggalnya.

Kasatpel Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Cilincing, Leo Tantino mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh Divers Clean Action (DCA) dan Wahana Visi Indonesia (WVI).
“Kegiatan ini merupakan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Utara dan stakeholders (pemangku kepentingan) dalam pengelolaan sampah dari asalnya,” katanya.

Leo menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan Jakarta yang bersih dari sampah.
“Pemilahan sampah dari sumbernya merupakan salah satu upaya untuk mengelola sampah dan mengurangi dampak yang ditimbulkan. Selain mendapatkan plastik sampah pilah, dalam kegiatan ini masyarakat juga diberikan pelatihan dalam memilih sampah-sampah, baik sampah organik, sampah anorganik ataupun sampah bahan beracun dan berbahaya (B3). Sampah ke depannya harus dipilah dan dibuang berdasarkan jenisnya agar pengelolaan sampah lebih mudah,” ungkapnya.

Leo mengatakan dipilihnya RW 05 Kelurahan Marunda sebagai lokasi kegiatan bertujuan untuk menjadikan RW percontohan.
“RW percontohan yang dapat melakukan pengelola sampah dengan baik. Dengan sumbangan atau fasilitas plastik sampah pilah yang diberikan ini, diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat Jakarta Sadar Sampah,” tuturnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga