oleh

Pencanangan Budidaya Anggur se-Jakarta Utara Akan di Hadiri Duta Besar Ukraina

DETIKFAKTA.ID – Pencanangan Budidaya Anggur se-Jakarta Utara direncanakan digelar di Vezo Grape, Cilincing, akhir pekan mendatang tepatnya Sabtu, (14/10/2021). Duta Besar Ukraina untuk Indonesia direncanakan menghadiri pencanangan tersebut karena 65 persen tanaman anggur yang ditanam di Vezo Grape berasal dari negara Keranjang Roti Eropa tersebut.

Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan Pencanangan Budidaya Anggur se-Jakarta Utara bertujuan menggaungkan penanaman tanaman anggur pada masyarakat. Meski pada cuaca terik, nyatanya tanaman anggur dapat dibudidayakan di Jakarta Utara dan berpotensi memiliki nilai ekonomis.

“Pencanangan menandakan nantinya budidaya tanaman anggur ini akan kami kembangkan sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Dengan harapan semakin banyak bibit tanaman anggur yang ditanam masyarakat,” kata Ali saat ditemui di Gazebo Walkot Farm, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (14/10).

Ali menerangkan, kehadiran Duta Besar Ukraina untuk Indonesia dalam pencanangan nanti dapat memotivasi masyarakat Jakarta Utara untuk semakin gemar membudidaya tanaman anggur. Terlebih kunjungannya nanti bisa memberikan bibit jenis tanaman anggur baru yang bisa ditanam di Jakarta Utara karena kebanyakkan tanaman anggur berasal dari negara tersebut.

“Kami senang sekali dengan kunjungannya nanti, siapa tau bisa memberikan bibit-bibit tanaman anggur jenis baru. Itu juga memotivasi kami karena tanaman anggur salah satu tanaman yang mudah ditanam karena tidak memerlukan tempat yang luas. Yang penting masyarakat senang menanam, senang penghijauan, dan senang merawat lingkungan. Tumbuhan ini berbuah dan kalau dikelola dengan baik mudah-mudahan buahnya bisa menjadi salah satu potensi meningkatkan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Ketua Komunitas Anggur Jakarta, Ahmad Fatoni menerangkan kehadiran Duta Besar Ukraina untuk Indonesia dalam pencanangan nanti membawa angin segar terhadap para penggiat anggur di Indonesia, khususnya Jakarta dan Jakarta Utara.

Terlebih tanaman anggur yang ditanam di Vezo Grape maupun rumah warga terbukti sebagai salah satu tanaman yang menjanjikan untuk dibudayakan baik untuk hobi ataupun komersial.

“Keberadaan KAJ untuk menyosialisasikan, mengedukasi, dan menarik minat masyarakat Jakarta khususnya Jakarta Utara. Tentunya ini sejalan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara yang memprogramkan urban farming (pertanian kota),” tutupnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga