oleh

2.030 Kader Dawis Jakut Terima Bantuan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

DETIKFAKTA.ID – Sebanyak 2.030 dari 12.499 kader dasawisma (dawis) di wilayah Jakarta Utara mendapatkan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Bantuan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan BPJS Ketenagakerjaan, program CSR Perusahaan, dan Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara.

Di kesempatan itu, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menyampaikan apresiasinya melalui pemberian piagam penghargaan kepada 12 perusahaan yang tergerak dan menyatukan komitmen untuk ikut berpartisipasi dalam pemberian bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kader dawis di wilayah Jakarta Utara.

“Kader dawis merupakan relawan yang membantu pemerintah untuk melayani masyarakat terutama dalam hal
pendataan warga dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Mengingat aktivitas yang dilakukan oleh kader
dawis cenderung memiliki risiko kerja yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja maka kita upayakan dengan memberikan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ungkap Ali saat ditemui di Ruang Bahari, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Selasa (2/11/2021).

Menurutnya, masih tersisa 10 ribu lebih kader dawis yang belum tercover perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan. “Ini adalah program kolaborasi. Oleh karena itu, Pemkot Jakarta Utara mengajak seluruh pemangku kepentingan dan perusahaan swasta untuk mengalihkan sebagian CSR nya kepada kader dawis melalui program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan,” terang Walikota.

Sebagai bentuk sinergi yang berkelanjutan, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mangga Dua, Yudi
Ambrinal mengungkapkan bantuan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kader dawis merupakan
program bersama yang pertama kali dilaksanakan di DKI Jakarta. “Diharapkan, seluruh perusahaan bisa
terlibat aktif untuk kegiatan ini karena dawis adalah andalan pemerintah untuk pendataan warga. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah memberikan donasinya untuk kader dawis di wilayah Jakarta Utara,” tuturnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga