DETIKFAKTA.ID – Salah satu fungsi utama Dewan Kota adalah menyerap aspirasi masyarakat dan menindaklanjuti laporan terkait kebutuhan warga. Hal ini terlihat dari respon cepat Dewan Kota Cilincing terhadap laporan masyarakat terkait krisis air bersih yang terjadi hingga 27 Januari.
Anggota Dewan Kota Jakarta Utara perwakilan Cilincing, Epriyanto, menyampaikan bahwa banyak masyarakat melaporkan mati totalnya aliran air PDAM. Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan PDAM untuk menyediakan mobil tangki air bersih guna memenuhi kebutuhan warga yang terdampak.
“Kami telah mendistribusikan hampir 12 ribu liter air sejak kemarin. Air ini dibawa menggunakan mobil tangki dan disebar di beberapa wilayah, termasuk Cilincing dan Semper Barat, sesuai permohonan masyarakat,” ujar Epriyanto.saat dikonfirmasi, detikfakta.id , Senin Sore (27/1/2025) di RW10,Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
Upaya ini merupakan bentuk kerja sama antara Dewan Kota, masyarakat dan PDAM untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat tetap terpenuhi di tengah krisis. Kecepatan dan ketepatan langkah ini diharapkan dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak.
mudah-mudahan permasalahan terkait perbaikan PDAM dapat diminamalisir, sehingga masyarakat tidak terganggu dengan kegiatan yang berpotensi matinya air. (ANW)