oleh

Komunitas Musik Kota Seni : Belajar Musik Non Maenstream di Taman Ibukota

LeaderBoard_700x120

Jakarta, Detikfakta.id – Bagi sebagian orang, belajar musik identik dengan lembaga musik yang didirikan oleh musisi terkenal dengan instrumen dan alat-alat pabrikan, dengan suasana belajar di dalam ruangan ber AC serta biaya yang tak sedikit, bahkan mungkin selangit dengan durasi seminggu satu kali.

Namun pemandangan berbeda terdapat di Taman Suropati, Menteng, Jakarta. Di taman yang sudah berdiri sejak zaman Belanda, khas kawasan elite Menteng tersebut, berdiri sebuah komunitas Musik yang bernama “Komunitas Musik Kota Seni”.

Berdasarkan penuturan Arifin, salah seorang anggota komunitas. Ia menuturkan bahwa komunitas ini telah eksis sejak 2003, dimulai kumpul sederhana para musisi dan mulai tahun 2007 serius memantapkan diri sebagai komunitas musik.

 

 

“Kami mulai jamming di Taman Suropati sejak 2003 dan memantapkan diri sebagai komunitas pada Tahun 2007.” Kata Arifin sembari mengenang masa awal pendirian komunitas tersebut.

“Komunitas ini juga sudah mendapat pengakuan dari pengelola dan menjadi ikon Taman Suropati, dan kami dibebaskan berkreasi disini.” Imbuhnya.

“Komunitas ini juga sudah sering mengisi acara di institusi pemerintahan dan juga kampus-kampus.” Tambahnya.

Selain Arifin kami pun berbincang dengan Irfan, salah seorang anggota dan juga pengajar biola di komunitas tersebut. Arifin menyampaikan bahwa, “Komunitas ini terbuka untuk siapa saja, bagi yang ingin mendalami atau sekedar jamming instrumen musik terutama klasik, gitar, saxophone, biola, cello”.

“Namun untuk yang mulai dari nol, kami membuka les dengan biaya terjangkau dengan suasana outdoor khas taman Suropati di hari yang berbeda dengan jamming.” Tambahnya dengan ramah.

Jadi bagi kalian yang tertarik belajar musik, tak ada salahnya langsung datang ke Taman Suropati setiap harinya pada waktu sore, bertemu dengan anggota komunitas yang berkumpul di tengah taman, sedang memegang instrumen.

Namun sebelum kalian datang, cek IG mereka dulu di @MusikKotaSeni. (Rahman)

LeaderBoard_700x120
Loading...

Baca Juga