oleh

SD Negeri 01 Cahaya Mas Lampung Utara Nyaris Ambruk

DETIKFAKTA – Sudah tiga tahun kondisi ruang belajar SD Negeri 01 Cahaya Mas kecamatan Sungkai Barat, kabupaten Lampung Utara dalam kondisi yang memprihatinkan. Lima ruang belajar mengajar SD tersebut bagian atapnya sudah lapuk, bahkan plafonnya banyak yang terlepas.

Kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan secara bergantian jika hujan datang, karena takut bangunannya ambruk. Ketika musim hujan datang pihak sekolah bahkan terpaksa harus menghentikan sementara kegiatan sistem belajar mengajar, dikarenakan takut ambruk dan menimpa anak didik yang sedang belajar.

Ditemui detikfakta.id, Rabu (14/11/2018), Kepala Sekolah SD Negeri 01 Cahaya Mas, Torliana A MA mengaku hanya bisa pasrah dengan kondisi sekolah. Baginya, menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar ketikaterjadi hujan adalah solusi yang terbaik.

Baca Juga :  Gerakan Pribumi Bangkit: Agus Flores Harus Maju di Pilkada Sulawesi Tengah
“Ketika hujan tiba, kami terpaksa menghentikan kegiatan ngajar mengajar. Bisa dilihat sendiri kondisi bangunan sekolah ini. Kayu-kayu yang sudah rapuh semua. Atap asbes yang sudah pecah semua, bahkan plapon triplek yang hampir habis karena sudah berjatuhan. Kami terpaksa melakukan hal itu karena inilah kondisinya,” ungkap Kepala Sekolah SD Negeri 01 Cahaya Mas.

Lanjut Torliana, pihak sekolah sudah melakukan perawatan dengan seadaanya. Upaya ini dilakukan dengan menggunakan dana BOS, itu pun sebatas tambal sulam. Untuk pembenahan total, jelas dana tersebut tidak mencukupi. Torliana mengaku pihak sekolah setiap hari selalu was-was akan keselamatan anak didiknya.

“Jika kondisi ini dibiarkan ditakutkan sekolah tersebut akan ambruk. Kami takut anak-anak lagi belajar, ada angin kencang. Ruangan bisa ambruk,” jelasnya

Baca Juga :  Warga Desa Talang Dungkul Lampung Utara Resah Dengan Ulah WS

SD Negeri 01 Cahaya Mas Lampung Utara Nyaris Ambruk 2

Di tempat terpisah, salah satu anggota Komite SD Negeri 01 Cahaya Mas, Rijalman, menuturkan bahwa kondisi sekolah yang memprihatinkan tersebut sudah terjadi dalam tiga tahun terakhir. Ia mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah, terutama Dinas Pendidikan setempat.

Menurut Rijalman, pihak sekolah sudah beberapa kali mengajukan untuk permintaan renovasi ruang belajar mengajar. Namus sampai saat ini belum ada kejelasan kapan SD Negeri 01 Cahaya Mas akan direnovasi.

“Pihak sekolah sudah lebih dari tiga kali megajukan permohonan bantuan rehab. Tapi sampai saat ini rehab tersebut tak kunjung hadir. Kami berharap kepada pemerintah untuk segera di pehatikan. Sekolah dimana anak didik kami menimba ilmu. Memang kami tinggal di desa, tapi kami juga bagian dari pemerintah,” harap Rijalman.  (HRN)

Baca Juga :  Polres Lampung Utara Apel Pasukan Ops Keselamatan Krakatau 2019
Loading...

Baca Juga