oleh

Tradisi Endok Endokan Meriahkan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW

DETIKFAKTA – Masyarakat Muslim Banyuwangi merayakan hari Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 12 Rabi’ul-Awwal 1440 ini dengan tradisi Endok Endokan yang dimeriahkan di Dusun Lugjag desa Pengatigan kecamatan Rogojampi. Selasa, 20/11/18

Tradisi keagamaan Endog Endogan adalah Telur yang di hias. Dengan segala kreatifitas warna warni kertas dengan segala macam bentuk, bunga, buah buahan dan lain lain.

Warga dusun Lugjag ini terkesan kegiatanya sangat meriah dan menarik perhatian banyak pengunjung yang hadir, karena perbedaan dari pada yang lain dalam menyambut hari kelahiran Nabi muhammad SAW yang dimeriahkan oleh Warga dusun Lugjag ini menggunakan timba yang ukuran sedang yang dihiasi dengan kertas hias sedangkan yang lainya mereka menggunakan kotak karton sebagai pembungkusnya.

Di dalam timba tersebut ada tiga tahap dalam penyusunanya :
1. Tahap dasar berisikan nasi
2. tahap kedua berisikan lauk pauk,  dan
3. Tahap atas berisikan kue kue dan juga terkadang mereka menambahkan buah dan minuman didalamnya,

Baca Juga :  Bakti Sosial Dan Launching Perhimpunan Wartawan Banyuwangi PWS

Kemudian mereka tutup dengan menggunakan tutup yg terbuat dari kardus yg di buat layaknya tutup timba untuk menghiasinya.

“Selain itu adat dan tradisi seperti ini sudah diterapkan dari dulu dan sudah turun temurun sampai anak cucu kita. Semoga adat ini tetap berjalan dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Dan alhamdulillah tahun ini dusun lugjag sendiri mengeluarkan kurang lebih 800 timba hias”. ucap kades pengatigan. (EST).
Loading...

Baca Juga