oleh

Buni Yani: Ini Dia Sosok Presiden Yang Dicinta dan Dirindu

INI DIA SOSOK PRESIDEN YG DICINTA & DIRINDU

MEMPERSATUKAN RAKYATNYA WALAU BERBEDA KEYAKINAN

Menyempurnakan Rekonsiliasi, Prabowo Telah Menjadi Pemersatu Ambon

Oleh:
Buni Yani

Apa yang menarik dari shalat Jumat capres Prabowo di Masjid Al Fatah Ambon, (28-12-2018)?
Tak banyak mungkin yang tertarik dengan pertanyaan ini.

Melihat antusiasme warga menyambut Prabowo, proses pemulihan konflik yang terjadi sekitar 20 tahun lalu itu kelihatannya berjalan baik. Warga berkumpul di masjid dan mengelu-elukan Prabowo.

Diperkirakan sekitar 10 ribuan jamaah tumpah-ruah di Masjid Al Fatah. Kontan pemandangan Ambon seperti Hari Raya Iedul Fitri.

Jamaah khusus datang ke masjid kebanggaan Kota Ambon ini untuk bisa menjabat tangan atau setidaknya melihat capres Prabowo.

Baca Juga :  Kapolri Kunjungi Brigpol Dolfis Wambonggo, Korban Bentrok Oksibil Papua

Setelah di luar masjid, lebih banyak lagi warga yang ikut mengelu-elukan Prabowo.

Antusiasme warga yang tinggi dan jumlah orang yang memenuhi jalan-jalan di Ambon menunjukkan tidak cuma warga yang beragama Islam yang menyambut Prabowo, tetapi juga warga yang beragama Kristen. Ambon adalah kota yang jumlah penduduknya beragama Islam dan Kristen hampir seimbang.

Pada 19 Januari 1999 meletus konflik sektarian di Ambon yang melibatkan dua pemeluk agama tersebut. Masjid Al Fatah adalah salah satu tempat yang terisolasi karena segregasi yang diciptakan oleh konflik.

Namun sekitar 20 tahun kemudian kedatangan capres Prabowo Subianto ke Masjid Al Fatah Ambon semakin memperkukuh rekonsiliasi kedua pemeluk agama yang awalnya berjalan tertatih-tatih namun kemudian berjalan cukup baik.

Baca Juga :  Salah Pilih Presiden Sama Dengan Kimat Kubro di Negerimu

Kedatangan Prabowo kelihatan begitu dirindukan oleh warga Ambon. Sosoknya telah menghilangkan sekat dan perbedaan agama yang sebelumnya menjadi sumber konflik.

Melihat respon warga, capres Prabowo sudah menunjukkan diri sebagai sosok pemersatu bangsa. Kedatangannya di Ambon menyempurnakan rekonsiliasi yang sudah berjalan baik karena dia diterima baik oleh pemeluk agama Islam maupun Kristen.

Melihat harapan warga Ambon kepadanya, Prabowo dipastikan akan diperjuangkan oleh banyak warga Ambon khususnya dan warga Maluku pada umumnya untuk menjadi presiden pada 2019 mendatang.

Harapan yang kelihatannya tidak berlebihan demi perdamaian dan pembangunan di Maluku,
Aamiin Insya Allah.

Buni Yani,
Pendiri Simpul Buni Yani Center for Social Justice.

Loading...

Baca Juga