oleh

Listrik Tenaga Surya, Sebuah Opini I Wayan Budiartawan

Listrik Tenaga Surya

Penulis: I Wayan Budiartawan

STEI ITB punya sejarah panjang. Bahkan sejak tahun 1949. STEI adalah singkatan dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Alumni elektro ITB, Petrus Tribakti dari angkatan 1987, menuturkan pengalamannya. Dia bekerja di PT LEN Industries, Persero di Bandung, Jawa Barat. Dia sendiri berdinas ke Bali untuk memasang peralatan listrik tenaga surya (solar cell) di dua tempat yakni Kubu, Karangasem dan Kintamani, Bangli.

Petrus Tribakti terbukti berhasil dalam perjalanan karirnya selaku teknokrat. Dan banyak lagi alumni STEI ITB yang tampil terdepan di negeri ini. Mengubah wajah Indonesia dengan solar cell.  Hingga menghasilkan keuntungan dari segi bisnis. Walaupun solar cell ini didatangkan dari China.

STEI ITB pendidikannya berbobot. Wisudawan yang dihasilkan diakui mutunya di dunia kerja.  Bayangkan, pembangkit listrik tenaga surya saja bisa mengalirkan arus listrik untuk  satu kecamatan. Lahan kurang lebih 1,5 hektar saja yang diperlukan untuk kebutuhan ini.

Baca Juga :  Jangan Biarkan Polri Hancur Gara-Gara Satu Orang

Lulusan STEI ITB sangat qualified. Di BUMN seperti PT LEN Industries, Persero dan juga di Silicon Valley, California, USA.

Petrus Tribakti pribadi yang unik. Seunik STEI ITB yang mendidik mahasiswa/i ITB untuk menjadi insinyur elektro.Pimpinan teras atas di perusahaan negara seperti PLN biasanya dipegang alumni ITB. STEI ITB menjanjikan masa depan yang cerah bagi putra dan putri Indonesia yang lulus tes untuk kuliah di sana.

Buku Dan Matahari Pun Bersinar Lagi  (www.rasibook.com)

Loading...

Baca Juga