oleh

BNNP Kalteng: Daun Kratom Mengandung Bahan Baku Narkotika

DETIKFAKTA.ID – Masyarakat diminta mewaspadai tumbuhan daun Kratom yang dinyatakan berbahaya untuk kesehatan manusia kerena diduga mengandung bahan narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah, Kombes Pol Marudut Hutabarat mengatakan, dari hasil uji laboratorium tanaman Kratom dinyatakan mengandung narkotika kelas satu.

“Kratom ini sudah kami berikan gambaran. Bahwa kratom itu hasil penelitian laboratorium kita dari BNN mengandung narkotika golongan satu, artinya kelas paling tinggi,” kata Hutabarat, usai menggelar Rakor Program Rehabilitasi bersama jajaran Pemkab Kapuas, di lantai dua ruang rapat Bupati Kapuas, Kamis (31/10/2019).

Untuk itu, pihaknya meminta jajaran Pemkab Kapuas turut menyampaikan informasi tentang dampak negatif dari tanaman tersebut, agar masyarakat mengetahui dan mewaspadai tanaman itu.

Baca Juga :  Disdik Kapuas Canangkan Program Tuntas Baca Tulis Alquran

“Jadi Kratom ini jangan dibudidayakan, karena ini sudah diusulkan masuk ke dalam lampiran undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” terangnya.

Untuk itu, lanjut pria pemilik pangkat tiga bunga sudut lima ini, sejak dini tumbuhan Kratom ini agar diwaspadai. Sebab jika telah resmi masuk ke dalam undang-undang akan berdampak jerat hukum bagi yang menguasai, menyimpan atau memilikinya. (HER)

Loading...

Baca Juga