oleh

Panel Surya Elektro UNJ Manfaatkan Sumber Energi Alternatif

DETIKFAKTA.ID – Warga RW 02 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur mendapatkan bantuan panel Surya dari Teknik Elektro UNJ. Bantuan itu merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Program Peduli Energi.

“Pendampingan yang dilakukan selama 2 bulan dengan melibatkan 10 orang mahasiswa ini meliputi instalasi kelistrikan rumah tangga sebagai upaya pencegahan bahaya kebakaran dan pemanfaatan energi alternatif tenaga matahari (Solar Cell) sebagai sumber energi alternatif,” ujar Massus Subekti, MT Kaprodi Teknik Elektro UNJ.

Panel Surya sendiri merupakan sumber energi alternatif yang terdiri dari sel-sel Surya. Panel tersebut biasanya dipasang di atap bangunan untuk menyerap energi kalor pada sinar matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

Baca Juga :  Korban Tsunami Palu Ini Ditolak Rumah Sakit Saat Pakai Kartu BPJS

Bantuan diberikan langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta, Massus Subekti, MT kepada Sumardiyono Ketua RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Selatan didampingi Nobby Sail Andi Supu, anggota Dewan Kelurahan serta para ketua RT dan jajarannya.

“Kegiatan ini merupakan satu dari 11 kegiatan pengabdian yang dilaksanakan prodi Teknik Elektro pada tahun 2019 sekaligus juga bentuk kontribusi program studi dalam meningkatkan kesadaran terhadap pemanfaatan energi terbarukan yang saat ini masih kurang di kalangan masyarakat,”tambah Massus dalam sambutannya, Kamis (24/10/2019).

Dalam acara serah terima tersebut, Sumardiyono turut mencoba langsung unit solar cell yang terpasang di kantor RW. 02 didampingi oleh Imam Arief Rahadjo, MT. dan Ir. Drs. Parjiman, MT. Dosen Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang mengarahkan proses pemasangan unit panel surya.

Baca Juga :  Sri Bintang Pamungkas: Saya Tidak Tahu Kalau Saya Dilaporkan

“Banyak terima kasih atas kepedulian pihak kampus UNJ dengan memberikan unit solar Cell berkapasitas 100wp untuk penerangan jalan RW sekaligus lampu emergency saat jaringan listrik PLN padam,” tutur Sumardiyono. (RYO)

Loading...

Baca Juga