oleh

Sepanjang 2019, BPBD Kapuas Tangani 224 Kasus Musibah dan Bencana

DETIKFAKTA.ID – Sebagaimana hasil rekapitulasi penanganan musibah atau bencana Badan Penaggulangn Bencana Daerah Kabupaten Kapuas (BPBD Kapuas) telah menangani sebanyak 224 jumlah kasus atau kejadian. Sebagian besar kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan dengan angka 172 kasus dengan luasan areal 1.914,85 Ha.

Hal ini dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga SH, Jum’at (3/02/2020). Ia menerangkan bahwa dari jumalh kesmua kasus atau kejadian tersebut 9 Orang meninggal dunia dan 4 orang luka-luka. Data ini dengan rincian 3 orang karena karhutla, 2 Kebakaran rumah dan 4 orang tenggelam.

Lebih lanjut diterangkanya selain kejadian Karhutla dengan angka 172 kasus, disusul oleh kebakaran pemukiman dengan angka 33 kasus. Untuk Terapaan Angin Puting beliung 10 kasus, banjir 3 kasus dan orang tenggelam 4 kasus.

Ditegaskanya bahwa menyikapi kejadian atau kasus musibah yang terjadi di tahun 2019 pihaknya juga sudah mengambil langkah-langkah pembenahan. Langkah ini sekaligus upaya penanggulangan dengan memberikan sosialisasi kebeberapa daerah yang rentan terkena musibah. Seperti Banjir, Angin Puting Beliung dan Karhutla. Agar masyarakat setempat dapat mengerti danbagaimana bersikap apabila menghadapi bencana itu datang.

Baca Juga :  Ratusan Buah Rumah di Mandau Talawang Terendam Air

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi dan adanya papan dan spanduk himbauan yang kita pasang setidaknya dapat mengingatkan warga untuk dapat terus dan selalu berwaspada terhadap datangnya bencana atau musibah tersebut,” katanya. (HER)

Loading...

Baca Juga