oleh

Pemuda Panca Marga Lakukan Donor Darah di PMI Jakarta Utara

DETIKFAKTA.ID – Sejumlah kader Pemuda Panca Marga Jakarta Utara melakukan donor darah di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan Plumpang Semper Jakarta Utara. Kegiatan positif transfusi darah ini dilakukan dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020.

Kedatangan rombongan disambut oleh Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman. Para kader Pemuda Panca Marga Jakarta Utada ini datang bersama Kodim 0502/Jakarta Utara serta berbagai elemen masyarakat.

“Ini merupakan kegiatan momentum memperingati Hari Pahlawan. Dengan aksi sosial donor darah yang dilaksanakan oleh Pemuda Panca Marga Jakarta Utara, dibawah binaan Kodim 0502/Jakarta Utara. Sinergitas ini akan dilaksanakan secara rutin serta berkelanjutan,” kata Sabri Saiman di Markas PMI Jakarta Utara (14/11/2020)

Lanjut Sabri, kegiatan PMI mempunyai banyak peran dalam melaksanakan aksi kemanusian. Ia mengaku, pihaknya selalu stanby untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat.

“Untuk pelayanan kemanusian PMI sifatnya tidak terbatas. Dan siap 24 jam melayani masyarakat bila membutuhkan pertolongan”  tambah Sabri.

Ketua PMI Jakarta Utara menambahkan, dari 270 juta penduduk di Indonesia, hanya sekitar 4 persen yang menjadi kebutuhan nasional dan untuk ketersediaan stok kantong darah. Selain itu, Sabri menjamin bahwa donor darah ditengah pandemi Covid 19, tetap aman dilakukan sesuai protokol kesehatan.

“270 juta penduduk di Indonesia, ada sekitar 4 persen yang menjadi kebutuhan nasional dan untuk ketersediaan stok kantong darah. Kami menjamin bahwa donor darah di tengah pandemi Covid 19, tetap aman dilakukan. Karena sesuai protokol kesehatan,” tegas Sabri.

Selain itu, Sabri menjelaskan kepada pendonor pemula, donor darah sangat baik untuk menjaga kesehatan. Karena transfusi darah dapat mendeteksi dini jika ada penyakit dalam tubuh.

Sabri juga menyampaikan apresiasi untuk Kodim 0502/Jakarta Utara dan Pemuda Panca Marga Jakarta Utara yang telah bersinergi melakukan aksi kemanusiaan sukarela dengan melakukan transfusi darah.

“Stok kantong darah yang terkumpul ini, didistribusikan untuk rumah sakit, pelayanan medis, masyarakat yang membutuhkan dan lainnya,” tutupnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga