oleh

Bangunan Lantai 4 di Kelapa Gading, Dibongkar Dibangun Kembali, Di-Police Line Masih Berkegiatan

DETIKFAKTA.ID – Usai mendapat sorotan dari pemerhati kebijakan publik Budi Santoso pekan lalu, kini bangunan berlantai 4 yang berdiri di Jalan Kelapa Puan Kelurahan Pegangsaan dua Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara tersebut nampak ada tanda police line. Namun meski sudah ada poliece line, nampak masih ada beberapa orang yang terlihat sedang melanjutkan pembangunan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bangunan lantai 4 yang dimaksud dikatakan Budi Santoso pernah dibongkar oleh aparat Satpol PP Jakarta Utara karena dianggap tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Disinyalir pada 2 pekan sebelumnya, ada aktifitas pembangunan pada bangunan tersebut. Budi pun mempertanyakan, mengapa bangunan tersebut dibangun kembali.

“Sebulan yang lalu itu di bongkar, saya juga ikut menyaksikan pembokarannya. Tapi yang menjadi tanda tanya masyarakat, bagaimana bisa dibangun kembali tanpa revisi ijin,” ujar Budi Santoso di sekitar komplek Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (15/1/2021).

Saat itu Budi menduga, pembangunan kembali ini juga tidak ber-IMB seperti sebelumnya. Pasalnya, hingga saat ini masyarakat sekitar tidak mengetahui jika pembangunan tersebut akan dilanjutkan kembali.

Bangunan Lantai 4 di Kelapa Gading, Dibongkar Dibangun Kembali, Di-Police Line Masih Berkegiatan
Celah (bagian penutup yang bisa digeser) yang ada yang diduga digunakan sebagai akses keluar masuk para pekerja bangunan dan Pemborong, Sabtu (23/1/2021)

Pantauan awak media, kini pada bagian penutup depan bangunan lantai 4 di Kelapa Gading tersebut, nampak terpasang police line. Namun meski sudah ada tanda police line, nampak masih ada beberapa orang yang sedang melakukan kegiatan pembangunan.

Saat dikonfirmasi, salah satu orang yang sedang melakukan pekerjaan tersebut mengaku dibayar untuk melanjutkan pembangunan. Saat ditanya siapa pemilik bangunan tersebut ia mengaku tidak tahu. Ia mengaku bekerja disana karena dibayar oleh seseorang yang ia sebut Pemborong. Namun saat ditanya keberadaan Pemborong, ia mengaku tidak tahu.

“Saya tidak tahu,” katanya sembari menjauh, Sabtu (23/1/2021) siang.

Informasi tentang siapa pemilik bangunan tersebut juga tidak didapat dari orang-orang yang di kawasan tersebut. Menurut salah satu Pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di kawasan tersebut, biasanya ada orang yang selalu datang untuk mengawasi para pekerja bangunan di bangunan tersebut. Ia menyebut orang yang dimaksud adalah Pemborong seperti yang dimaksud para pekerja bangunan.

“Ada kok pemborongnya. Mungkin ngumpet di dalam. Tadi saya lihat,” ujar PKL yang enggan disebutkan namanya.

Ia menambahkan, dirinya mengaku tidak ingat sejak kapan dan siapa yang memasang tanda police line tersebut. Namun ia memastikan, untuk akses keluar masuk bangunan tersebut, para pekerja bangunan dan Pemborong masuk dengan cara menerobos dan melewati celah (bagian penutup yang bisa digeser) yang ada.

Bangunan Lantai 4 di Kelapa Gading, Dibongkar Dibangun Kembali, Di-Police Line Masih Berkegiatan
Bangunan lantai 4 di Jalan Kelapa Puan Kelurahan Pegangsaan dua Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara, Kamis (14/1/2021)

Kepala Suku Dinas Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid saat dikonfirmasi meminta agar menghubungi Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang.

“Silahkan konfirmasi ke Sudin Citata atau ke PTSP Jakut. Lebih tepat ke Satpel Citata dan PTSP Kecamatan Kelapa Gading,” katanya melalui pesan WA, Minggu (24/1/2021) siang.

Awak media sudah menghubungi Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kusnadi Hadi Pratikno. Hingga berita ini ditayangkan, Kusnadi belum memberi konfirmasi apapun. (ANW)

Loading...

Baca Juga