oleh

Bentuk Kepedulian Sesama Maybank Syariah Bagi Santunan 1900 Yatim dan Dhuafa Se-Indonesia

DETIKFAKTA.ID–April 2021 – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah (UUS Maybank) menjalankan kegiatan pemberian santunan kepada para anak yatim & dhuafa sejak 26 April hingga 7 Mei 2021 mendatang, yang penyalurannya dilakukan melalui seluruh jaringan kantor cabang Syariah (KCS) di Indonesia.

Kegiatan bantuan sosial ini menargetkan 1,900 penerima anak yatim & dhuafa yang bersumber dari dana kebajikan yang dikelola UUS Maybank Indonesia.

Demikian di katakan Romy Buchari selaku, Head Shariah Banking Maybank Indonesia kepada Detikfakta.id, dia mengatakan tujuan bantuan ini adalah untuk meringankan beban sesama khususnya bagi anak yatim serta kaum dhuafa di Tanah Air tercinta di bulan penuh berkah.

“inisiatif kami menyalurkan bantuan ini merupakan upaya UUS Maybank untuk ikut meringankan beban saudara-saudari kita khususnya bagi para kelompok anak yatim dan duafa di tanah air di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.” pungkas Romy melalui Chat Whatsap (30/4/2021) Jum’at Sore.

Dia mengatakan Saat ini, UUS Maybank Indonesia tengah dalam proses untuk menyalurkan dana kebajikan senilai total Rp1 Milyar kepada enam lembaga yaitu ACT (Aksi Cepat Tanggap), LAZ Al Azhar Pray for Indonesia, Daarut Tauhid Peduli, LAZ Al Aqsha De Latinos, Pesantren Mahkota Qurani Bogor dan Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin Cirebon.

Penyaluran dana kebajikan ini bertujuan antara lain mendukung pemberdayaan ekonomi, distribusi air bersih, bantuan bencana, perbaikan fasilitas masjid dan pembangunan pesantren.

Lanjut dia Kegiatan sosial UUS Maybank ini juga diperluas dengan melibatkan donasi dari nasabah melalui program Berbagi Kebaikan yang terdiri dari Program My Save & Transact for Charity Bank dan Program Masjid Berkah.

Untuk program My Save & Transact for Charity Bank, nasabah diundang untuk ikut berperan aktif menyalurkan bantuan dimana pada setiap pembukaan Maybank Tabungan iB dan bertransaksi finansial melalui M2U ID App/Maybank2u, maka Maybank Indonesia akan menyalurkan dana kebajikan dalam bentuk donasi senilai Rp10 ribu per transaksi dan akan disalurkan untuk mendukung program swasembada penyediaan air bersih bagi komunitas masyarakat dan lembaga pendidikan.

Selain itu, tersedia juga program Masjid Berkah yang berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan ekonomi berbasis masjid dan jemaahnya melalui penyediaan solusi finansial dengan membuka rekening Maybank Giro iB khusus untuk mengelola dana Masjid dan jemaah oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) terkait.

Dengan membuka rekening Maybank Giro iB DKM Masjid akan memperoleh tambahan cash reward hingga Rp1,25 juta yang dapat digunakan untuk pemeliharaan fasilitas masjid serta prasarana lainnya. Di sisi lain, jemaah masjid juga dapat bersedekah ke masjid dengan menabung di Maybank Deposito iB, dimana keseluruhan bagi hasil akan disalurkan sepenuhnya ke rekening ZISWAF DKM Masjid.

“kami menjalankan program unggulan kami selama periode Ramadan yang sejalan dengan strategi Shariah First yaitu untuk memasyarakatkan dan mengenalkan solusi perbankan syariah yang tidak terbatas pada pengalaman pribadi nasabah saja, tetapi memiliki dampak luas bagi komunitas di sekitar kita. Hal ini diwujudkan juga melalui pemberdayaan komunitas dan masyarakat luas, khususnya di bidang sosial dan rumah ibadah.” pungkas Romy.

Bantuan sosial dari Maybank Indonesia juga dilengkapi dengan program bantuan Ramadan Relief dari Maybank Islamic, bank umum Syariah yang beroperasi di Malaysia yang juga melaksanakan serangkaian kegiatan sosial selama bulan Ramadhan disalurkan di beberapa negara di kawasan ASEAN termasuk Indonesia.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Maybank Islamic kembali menyalurkan bantuan yang diserahkan melalui kerjasama dengan LSM Islamic Relief Malaysia perwakilan Indonesia yang dilakukan secara simbolis di Duren Tiga Jakarta Selatan pada 23 April 2021 kepada 265 kepala keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Penyerahan simbolis ini dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Program Ramadhan Relief Maybank Islamic menjangkau lebih dari 5,000 penerima bantuan di total 11 negara dimana Maybank beroperasi. Sejak didirikan pada tahun 2013 hingga kini, Maybank Islamic telah mengalokasikan dana lebih dari RM14 juta untuk program Corporate Responsibilty yang telah memberikan manfaat kepada sekitar 120.000 keluarga kurang mampu. Program Ramadhan Relief Maybank Islamic telah berlangsung di Indonesia sejak 2017.

Mohamed Rafique Merican selaku Chief Executive Officer Maybank Islamic menegaskan,
bantuan akan didistribusikan kepada individu atau keluarga terutama kelompok pendapatan B40 yang meliputi orang tua tunggal, penyandang disabilitas, nelayan, petani dan mereka yang kehilangan pekerjaan sejak dimulainya pembatasan ruang gerak atau Movement Control Order (MCO) akibat pandemi.

“Kami bersyukur bahwa kali ini merupakan tahun kesembilan berjalannya program penyaluran bantuan yang juga telah berhasil dilaksanakan serta memberi manfaat bagi kelompok masyarakat kurang mampu di Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, Kamboja, Brunei, Dubai dan komunitas marjinal di Myanmar dari etnis Rohingya,” tuturnya.

Dato ‘Mohamed Rafique juga mengatakan bahwa program tersebut sejalan dengan misi Maybank Group yakni humanising financial services dalam upaya membangun layanan keuangan yang relevan di tengah masyarakat di seluruh Asia dan juga merupakan bagian dari inisiatif Maybank Islamic untuk menegaskan eksistensi perbankan Syariah di kawasan tersebut.

” Progaram ini sejalan dengan misi Maybank Grup yakni humanising finansial services dalam upaya membangun layanan keuangan yang relevan di Asia Tenggara” tegasnya

Kedua bantuan sosial melalui Maybank UUS maupun Maybank Islamic diharapkan dapat menjadi berkah Ramadan bagi komunitas dan masyarakat yang kurang mampu baik di Indonesia maupun di kawasan Asean.(ANW)

Loading...

Baca Juga