oleh

Tim Relawan PMI Jakarta Utara Disiagakan di Dua Posko Kesehatan Arus Mudik dan Balik Lebaran Selama 24 Jam

DETIKFAKTA.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Utara berkontribusi dalam momentum arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Puluhan tim relawan disiagakan di dua Posko Kesehatan yang telah didirikan di Terminal Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Ketua PMI Kota Jakarta Utara, Rijal memastikan telah menugaskan 28 relawan sebagai tim kesehatan arus mudik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Penugasan sesuai dengan Surat Perintah Tugas Nomor 0180/SPT/II/01.05/IV/2022 yang ditandatangani Kepala Markas PMI Kota Jakarta Utara, Nurhasanudin.

“28 relawan ini bertugas sebagai tim kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan pemudik, awak bus, petugas atau siapapun yang membutuhkan pelayanan kesehatan di kedua Posko Kesehatan yang kami dirikan,” kata Rijal saat dikonfirmasi detikfakta.id, di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Dalam momentum arus mudik lebaran, tim bertugas memberikan pelayanan kesehatan selama empat hari terhitung sejak Rabu (27/4/2022) kemarin hingga Sabtu (30/4/2022) mendatang.

Sedangkan momentum arus balik lebaran, tim bertugas hal serupa selama tiga hari pada Rabu (4/5/2022) hingga Jumat (6/5/2022) mendatang.

“Pelayanan beroperasi selama 24 jam dengan pembagian tiga shift dari 28 relawan setiap harinya,”kata dia.

Tim juga ditugaskan memantau penerapan protokol kesehatan bagi pemudik seperti memberikan edukasi terhadap penggunaan masker.

Satu unit ambulans lengkap dengan peralatan medis pun disiagakan pada masing-masing Posko Kesehatan sebagai antisipasi situasi kedaruratan kesehatan.

“Kami berharap keberadaan Posko Kesehatan dengan kelengkapan tim dan peralatan medis pada ambulans bisa memberikan kenyamanan sehingga arus mudik dan arus balik terlaksana dengan baik,” tutupnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga