oleh

SMPN 1 Jayanti Gelar Diskusi Penguatan Pendidikan karakter

DETIKFAKTA – SMPN 1 Jayanti melakukan diskusi antar guru guna implemasikan Penguatan Pendidikan karakter (PPK). Diskusi yang digelasr di sekolah ini dilakukan karena dunia pendidikan sedang dalam sorotan. Bukan hanya pada siswanya, tapi juga pada tenaga pengajarnya.

Melalui gagasan sederhana dan semangat mengajar yang luar biasa, Kamis (8/11/2018), salah satu sekolah di wilayah di kabupaten Tangerang, yaitu SMPN 1 Jayanti melaksanakan diskusi guru berbasis tanya jawab dan keterbukaan. Diskusi ini dipimpin Bagus Hariyanto sebagai fasilitator PPK. Tema yang diangkat dalam diskusi ini “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah”.

“Ada jalan pintas bagamana mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Yaitu dengan cara membranding sekolah dengan mengambil salah satu tema pokok diantara 5 karakter utama pendidikan karakter prioritas PPK. Antara lain Relegiusitas, Nasionalisme, Kemandirian, Integritas dan Gotong Royong” jelas Bagus Hariyanto.

Baca Juga :  Pemdes Hurung Tampang Galakkan Program Sanitasi

Lanjut Bagus, pemilihan aspek diantara 5 karakter utama itu harus ditemukan oleh semua elemen sekolah. Termasuk didalamnya guru dan kepala sekolah. Dalam diskusi tersebut semua guru SMPN 1 Jayanti berperan aktif dengan cara ikut serta mengkaji kekuatan dan kelemahan pada sekolah yang bersangkutan. Kajian tersebut dilakukan dengan pendekatan analisa SWOT.

Pada kesempatan yang sama Bagus Hariyanto juga sempat berdiskusi dengan Wawan Setiawan selaku Kepala SMPN 1 Jayanti.  Dari  diskusi tersebut, Wawan menuturkan bahwa tahun pertama ia memimpin sekolah tersebut digunakan untuk mengevaluasi dan mencari potensi dan sumber untuk memajukan sekolah.

“Nah, pada tahun kedua inilah kita akan membuat program akselerasi untuk kemajuan sekolah. Salah satunya adalah pencanangan sekolah SMPN 1 Jayanti sebagai “sekolah berkarakter”. Yang merupakan hasil dari diskusi dengan difasilitasi oleh Pak Bagus Hariyanto” ujar Wawan.

Wawan merasa bersyukur karena kegiatan dengan format diskusi ini memberikan banyak manfaat bagi sekolah. Diskusi ini juga membuka wacana sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah.

Baca Juga :  UNESCO Kukuhkan Bekas Tambang Sawahlunto Jadi Situs Warisan Dunia

“Bukan hanya itu saja, kegiatan seperti ini mampu menjaga kekompakan dan spirit antar tenaga pengajar” tutur Kepala Sekolah SMPN 1 Jayanti.

Dalam kapasitas sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Tangerang terpilih, Wawan  sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya kegiatan seperti ini. Terlebih lagi kalau Bagus Hariyanto bersedia melakukan kegiatan seperti ini di semua SMP di wilayah kabupaten Tangerang. (DCY)

Loading...

Baca Juga