oleh

Mythomania Dalam Politik, Catatan Kecil Pojok Warung Kopi Ndeso

Mythomania Dalam Politik, Catatan Kecil Pojok Warung Kopi Ndeso. Oleh: Malika Dwi Ana, Pengamat Sosial Politik.

Mythomania ialah kecenderungan berbohong bukan untuk menipu, tetapi justru membantu dirinya mempercayai kebohongannya sendiri. Hal tersebut berlangsung diluar kesadaran dirinya. Inilah penyakit psikologis atau kejiwaan.

Ya siapa sih yang tidak pernah bohong. Hampir semua orang pernah berbohong tetapi ia sadar tengah berbohong untuk menutupi sesuatu, mungkin. Tetapi bagi seorang mythomania, ia tidak menyadari jika ia sedang berbohong. Mythomaniac tidak mampu membedakan antara imajinasi (kebohongan)-nya dengan realitas sebenarnya.

Banyak ciri atau tanda-tanda dari mythomaniac, antara lain ia suka menciptakan realitasnya sendiri berdasar imajinasinya. Tidak menghargai kejujuran dan kepercayaan. Sering berbohong untuk hal sepele, suka berbohong hanya untuk meraih simpati, jago memanipulasi. Mengulang-ulang kebohongan dengan banyak janji, menganggap dirinya legenda, dan seterusnya.

Baca Juga :  Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi Terbentuk, KPN-GP 2019 Siap Koordinasi

Nah, kaitannya dengan narasi tentang mythomania dan ciri-cirinya di atas, sedikit polling ala warung kopi ndeso. Jika dikaitkan situasi menjelang pilpres 2019 nanti, kira-kira kubu mana baik cebonger (buzzer Jokowi) maupun kampreter (buzzer Prabowo) yang condong mythomaniac?

Loading...

Baca Juga