oleh

Indonesia-Bulgaria Sepakat Tingkatkan Kerjasama Dagang

DETIKFAKTA.ID – Untuk meningkatkan hubungan Indonesia-Bulgaria, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P Marsudi berkunjung ke Bulgaria. Hal ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerja ke Eropa Timur pada 15-16 September 2019.

Kunjungan Retno diterima dengan baik oleh Menteri Luar Negeri Bulgaria, Ekaterina Zaharieva. Menlu Bulgaria menegaskan negaranya siap membantu Indonesia sebagai pintu masuk ke pasar Uni Eropa dan dan dukungan posisi Indonesia di forum internasional.

“Bulgaria siap membantu Indonesia sebagai pintu masuk ke pasar Uni Eropa dan dan dukungan posisi Indonesia di forum internasional,”tegas Ekaterina dalam siaran pers pada Selasa, (17/9/2019).

Bulgaria mengimpor 1/3 kebutuhan Crude Palm Oil (CPO)nya dari Indonesia. Volume perdagangan bilateral RI-Bulgaria pada tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 330% dari tahun sebelumnya. Jumlah wisatawan Bulgaria ke Indonesia juga mengalami peningkatan sebesar 15%.

Baca Juga :  Aceh dan Riau Serta Beberapa Provinsi Yang Lain Telah Resmi di SK Oleh KPN-GP Pusat

“Kami berkomitmen untuk dapat mendorong interaksi bisnis yang lebih intensif, guna memenuhi potensi kerjasama ekonomi kedua negara,”ujar kedua menlu tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu juga membawa delegasi bisnis KADIN Indonesia sebanyak 17 orang lintas sektoral untuk menandatangani MoU dengan BCCI (Bulgarian Chamber of Commerce and Industry) yang akan disaksikan langsung oleh Menlu dalam Business Forum pada tanggal 16 September 2019. (RYO)

Loading...

Baca Juga