oleh

HINO: Indonesia Kekurangan Kuantitas dan Kualitas Pengemudi Truk

DETIKFAKTA.ID – Direktur Penjualan dan Promosi  PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengungkapkan, permasalahan bisnis transportasi saat ini adalah kurangnya kuantitas dan kualitas pengemudi truk. Hal ini sangat disayangkan, mengingat pemerintah Indonesia saat ini sedang gencar dalam pembangunan infrastruktur. Sedangkan truk dan pengemudinya menjadi komponen penting dalam proses pembangunannya.

“Tahun 2018 kita 40 ribu (unit-red) jualan, praktis kan butuh driver yang 40 ribu juga. Tidak mungkin berjalan sendiri tanpa pengemudi,”ungkap Santiko Wardoyo di acara Training of Trainer (ToT) di Hino Training Center, Tangerang Jumat, (4/10/2019).

Menurutnya, saat ini pengemudi truk yang ada pun kualitasnya masih jauh dari standar yang ditetapkan regulator. Hal ini dikarenakan para pengemudi selama ini belajar secara otodidak.

“Kita tahu lah bahwa kadang disini pengemudi itu otodidak. Mungkin dari kariernya kernet, pembantu driver kemudian meningkat sesuai kebutuhan jadi pengemudi,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dewan Pers dan Yayasan Pengelola Sarana Pers Nasional Diduga Korupsi Berjamaah

Melihat permasalahan yang ada, Santiko mengatakan Hino tergerak mengadakan pelatihan sesuai dengan kompetensi mereka. Selain itu Hino juga mengadakan kuis agar pengemudi kembali pengetahuan yang pernah mereka pelajari.

“Disini kita coba jembatani supaya mereka itu diberi ilmu yang propert sesuai dengan cara dikasih training. Ada sekitar 6 ribu orang, kemudian kita kasih kompetisinya. Sebagai game untuk merefresh ulang masalah peraturan, keselamatan dan cara berkendara yang baik,” pungkasnya. (RYO)

Loading...

Baca Juga