oleh

Rektor UNJ Paparkan Kiprah Gerakan Mahasiswa IKIP Atau UNJ

DETIKFAKTA.ID – Rektor UNJ (Universitas Negeri Jakarta) Komarudin Sahid memaparkan kiprah alumni IKIP Jakarta/ UNJ dalam gerakan mahasiswa nasional. Menurutnya IKIP Jakarta /UNJ memiliki peran yang penting dalam setiap aksi massa dan fase transisi.

“Gedung yang kita gunakan diskusi ini tempat menyusun strategi aksi. Walau saat itu masih ada UI. Baru tahun 1988 diserahkan sepenuhnya pada IKIP,” ungkapnya sebagai keynote speech acara diskusi kepemudaan yang diadakan Aktifis Cipayung Plus di Kafe-In, Kampus A UNJ Rawamangun, Jumat (4/10/2019).

Walaupun demikian, ia menyayangkan seringkali mahasiswa IKIP/UNJ saat itu terkesan tanggung. Mahasiswa IKIP/UNJ hanya terlibat di awal-awal aksi. Ketika terjadi peralihan kekuasaan mereka luput karena mendapat intimidasi dan ancaman dari aparat saat itu.

“Seringkali kita kehilangan momentum akibat ancaman penembakan dari aparat, saya mengira juga ini disebabkan latar belakang ekonomi mahasiswa IKIP saat itu yang dominan menengah ke bawah,” imbuh Rektor UNJ.

Baca Juga :  Oknum Polisi Terlibat Politik Praktis Dilaporkan ke Lembaga Internasional

Namun demikian ia berharap dengan perubahan status Universitas dan dukungan dari para ketua-ketua organisasi Cipayung Plus diantaranya HMI, PMII, GMNI, KAMMI di lingkungan UNJ. Kondisi tersebut dapat berubah menjadi lebih baik.

“Semoga dengan adanya para kader aktifis Cipayung yang saya banggakan ini, UNJ dapat mengambil peran lebih dari sebelumnya di kancah nasional,” pungkasnya. (RYO)

Loading...

Baca Juga