oleh

Universitas Binawan Cegah Stunting di Karawang Dengan Kelor dan Jambu

DETIKFAKTA.ID – Universitas Binawan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menyambangi desa Tanjung Mekar, Karawang. Kampus kesehatan di bilangan Cawang, Jakarta tersebut menanam sebanyak 8 ribu bibit kelor dan jambu kristal dalam rangka pencegahan stunting.

“Upaya ini tidak terlepas dari upaya pencegahan stunting di wilayah Karawang. Sehingga tema yang diangkat dalam KKN kali ini adalah “Desa Binaan Terpadu, Kreatif dan Produktif Dalam Budi Daya Tanaman Kelor dan Jambu Kristal dalam upaya pencegahan Stuting”,” ujar Ali Achmudi MSi, Ketua Program KKN Universitas Binawan.

Ali menambahkan selain pencegahan stunting, kegiatan tersebut juga ditujukan untuk mendukung program Citarum Harum. Sebagian dari bibit kelor dan jambu tersebut selain di pekarangan warga juga ditanami juga di bantaran sungai.

Baca Juga :  Dugaan Skandal 3 Megaproyek Kapal Tanker Pertamina Senilai 1 Triliun

“Penanaman kelor dan jambu kristal dilakukan di area perumahan dan perkarangan warga. Sebagai upaya membantu pemeliharan gizi keluarga. Dan juga di bantaran irigasi dan bantaran Sungai Citarum,”imbuhnya, Jumat (8/11/2019).

Universitas Binawan Cegah Stunting di Karawang Dengan Kelor dan Jambu
Mahasiswa KKN Universitas Binawan bersama warga Karawang

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor Universitas Binawan, Drs. Sofyan Hawadi, M.A,Lurah Tanjung Mekar, Karawang Barat Ahmad Ridwan. Hadir pula Komandan Koramil Karawang Barat, Camat Karawang Barat, Babinsa Tanjung Mekar. Turut meramaikan para perangkat desa serta warga setempat yang sangat antusias.

Selain penanaman bibit, Universitas Binawan juga memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada warga terkait masalah kesehatan. Kegiatan yang telah dilakukan yaitu deteksi dini stunting melalui pemeriksaan kadar hemoglobin yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis.

Baca Juga :  Dandim Puncak Jaya Kunjungi Pengungsi Perang Suku

Kegiatan edukasi dan simulasi pembuatan makanan pangan olahan kelor oleh mahasiswa ilmu gizi, pemeliharan dan peningkatan kesehatan dengan perilaku hidup bersih oleh mahasiswa keperawatan. Edukasi Exersive untuk ibu post partum dalam merangsang optimalisasi produksi ASI.

Pemberian edukasi seputar stunting dan pencegahannya dan kegiatan peduli bencana dan pengolahan sampah oleh prodi K3, serta pembuatan pupuk dari limbah tanaman oleh Prodi Teknik Lingkungan.

Peningkatan kesadaran potensi remaja dan pencegahan kenakalan remaja dan pendampingan belajar anak-anak usia sekolah oleh 209 Mahasiswa Universitas Binawan yang mengikuti kegiatan KKN. (RYO)

Loading...

Baca Juga