oleh

PT Lundin Banyuwangi Sukses Produksi Tank Boat Antasena

DETIKFAKTA.ID – Tank boat Antasena adalah nama dari sebuah kapal perang buatan anak bangsa yang diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest di Kelurahan Klatak Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi,

Perkembangan positif terlihat dalam pembuatan kapal perang produksi dalam negeri yang diberi nama Antasena. Tank Boat ini diproduksi oleh PT Lundin Industy invest di kabupaten Banyuwangi.

Proses pembuatan Tank Boat tersebut sudah berjalan selama hampir dua tahun ini. PT Lundin Industry Invest yang berada di Kabupaten Banyuwangi dalam hal ini bekerja sama dengan PT Pindad.

“Saya melihat kemajuan yang baik dari pembuatan Antasena selama dua tahun ini. Dan ini yang membuat bangsa kita bangga terutama warga Banyuwangi. Karena Indonesia sudah bisa membuat kapal yang bagus dan sudah mulai dipesan oleh negara lain. Ini menandakan produk kita sama dengan kualitas produk-produk negara besar lainnya,” ungkap Direktur PT Lundin Industry Invest Lizza Lundin, Kamis (21/11/2019) di Banyuwangi.

Baca Juga :  Sumbangan Untuk Sandi Ingatkan Kita Pada Soekarno

Ia menjelaskan bahwa Tank boat Antasena ini nantinya akan dioperasikan di sungai-sungai besar yang ada di Indonesia. Seperti sungai Kalimantan dan Papua. Berdasarkan ujicoba sebelumnya, Lizza mengaku hasilnya sangat bagus. Hal ini terbukti dari banyaknya pesanan produk tersebut dari negara lain. Semua pesanan tersebut diusahakan tahun ini sesuai target.

“Bahwa dalam keadaan darurat dalam setahun kita sudah bisa produksi 30 kapal perang. Karena kita sudah canggih,” jelasnya.

Kepada detikfakta.id ia menjelaskan nama Antasena diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat berkunjung ke area pameran Pindad dalam Indo Defence, tahun 2016 silam. Nama Antasena sendiri diambil oleh tokoh mitologi pewayangan yang mampu menyelam di dalam air.

Baca Juga :  Bupati Kapuas: Ciptakan Lompatan Inovasi Untuk Kemajukan Daerah
Tank boat Antasena, menurut Lizza adalah sejenis kapal yang diatasnya di persenjatai dan bisa digunakan di segala medan air seperti rawa-rawa, pantai, dan bahkan aliran sungai besar sehingga bisa menjangkau perairan dangkal.

“Selama ini susah kalau mengejar perompak karena mereka dari rawa-rawa dan pantai. Jadi ini kita siapkan untuk infanteri, Kalau lebih besar punya angkatan laut,” kata Lizza.

Ia juga mengklaim jika, tank boat ini adalah yang pertama kali di dunia karena Antasena bukan hanya bisa digunakan di pengairan dangkal tapi juga bisa berfungsi untuk mengirim pasukan serta logistik.

“Kalau yang lain kan kapal kecil, Tank boat ini juga bisa membantu jika ada banjir karena modelnya catamaran dan bawahnya sekitar 1 meter jadi bisa masuk kemana-mana. Kita menggunakan water jet bukan baling-baling sehingga tidak akan terganggu oleh adanya tanaman air. Tank boat ini sangat ideal dan sesuai sekali dengan kondisi geografis Indonesia,” pungkasnya. (EST)

Baca Juga :  Cipayung Plus UNJ Ajak Mahasiswa Stop Rasisme Papua
Loading...

Baca Juga