oleh

JAKI Minta 3 Perusahaan Asuransi Global Tidak Memproses Klaim PT GLS

DETIKFAKTA.ID – Jaringan Aktivis Kemanusian Internasional (JAKI) menulis surat terbuka kepada 3 perusahaan asuransi global terkait klaim PT Gurita Lintas Samudera atas tenggelamnya kapal MV Nur Allya beserta 25 ABK beberapa waktu lalu. Pasalnya, hingga saat ini keluarga ABK merasa belum mendapat kepastian apakah kapal tersebut benar tenggelam atau tidak.

Koordinator Eksekutif JAKI Yudi Syamhudi Suyuti membenarkan bahwa JAKI telah mengirim surat kepada 3 perusahaan asuransi global. Ketiganya adalah PT. P&I Insurance, PT. Matthew Danil Insurance Internasional, PT. H&M Insurance.

Ada 2 alasan mengapa JAKI melakukan hal tersebut. Pertama, JAKI mengaku mereka adalah pihak yang berkepentingan atas masalah kemanusian. Kedua, saat ini JAKI bertindak menjadi perwakilan keluarga korban tenggelamnya kapal MV. Nur Allya, yakni 25 ABK yang dinyatakan turut tenggelam.

“Kami dari JAKI sebagai pihak yang berkepentingan atas masalah kemanusian dan juga mewakili keluarga korban. Menekan ketiga perusahaan asuransi global tersebut untuk tidak menerima klaim dari PT Gurita Lintas Samudera sebelum persoalan selesai,” kata Yudi di kantor JAKI jalan¬†Komando Raya I Setia Budi Jakarta Selatan, Jumat (22/11/2019).

Baca Juga :  Buka Bongkar dan Ungkap Peristiwa Ratna Sarumpaet

Selain itu, Yudi juga meminta kepada pihak terkait untuk membuktikan bahwa kapal beserta ABKnya benar tenggelam atau tidak. Hal ini terkait juga kejelasan apakah perusahaan melakukan tindakan kriminal dan pelanggaran HAM di laut atau tidak.

“Kami dari JAKI meminta kepada pihak terkait bisa membuktikan. Bahwa 25 kru beserta kapal benar tenggelam atau tidak. Juga perusahaan melakukan tindakan kriminal pelanggaran HAM laut atau tidak,” tambahnya. (ANW)

Loading...

Baca Juga