oleh

PDAM Kapuas Akan Berubah Menjadi Perumda

DETIKFAKTA.ID – DPRD Kabupaten Kapuas sedang menggodok paperda perubahan status Perusahaan Deerah Air Minum (PDAM) akan menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Saat ini penggodokan tersebut dilakukan DPRD Kabupaten Kapuas bersama 3 raperda lainnya melalui Pansus 3.

“Perubahan tersebut berdasarkan perintah aturan secara umum. Dimana Perusahaan daerah menjadi perusahaan umum yang bersifat kebutuhan pelayanan publik,” kata Ketua Pansus 3, H. Ahmad Zahidi, Senin (27/1/2020) di ruang kerja DPRD Kapuas.

Ia menambhakan, pelayanan publik apabila rugi itu menjadi resiko. Karena itu pihak Perumda wajib mencantumkan penyertaan modal dari pemerintah berapa nilainya.

“Menjadi pelayanan publik. Maka perumda mampu meningkatkan kualitas suplei air bersih ke masyarakat yang akan dinilai. Disamping itu juga dinilai sampai sejauh mana sudah mampu menjangkau pelayanan nya kepada masyarakat, jangan sampai perumda ini malah semakin merosot pelayanannya,” tegas legislator dari PAN ini.

Baca Juga :  Pastikan Kedaulatan Rakyat Tidak Dicurangi, GPI Siap Menjadi Garda Terdepan

Berdasarkan alasan tersebut maka pansus 3 akan membuat kajian lebih dalam dan akurat lagi. Namun demikian, perubahan ini tidak berimbas pada perubahan dalam struktural, dimana pemilik utamanya tetap saja milik pemerintah daerah. (HER)

Loading...

Baca Juga