oleh

Siring Jalan Tepian Sungai di Kapuas Hilir Sangat Memprihatinkan

DETIKFAKTA.ID – Sejumlah siring tepian sungai di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas yang dibangun sekitar tahun 1990 kini kondisinya sudah memprihatinkan. Pasalnya, siring kebanyakan sudah mulai lapuk dan bocor akibat termakan usia.

Hal ini diungkapkan anggota fraksi PDIP DPRD Kapuas Franko B Dehen yang mengharapkan adanya perhatian untuk melakukan perbaikan dan pemeliharan siring. Jangan sampai siring jalan tersebut mengalami longsor yang bisa mengakibatkan sampai ke jalan dan pemukinan.

“Kalau ditelisik melalui ketersediaan angaran APBD Kabupaten Kapuas, sangat tidak memungkinkan untuk itu. Jadi atas nama masyarakat Kecamatan Kapuas Hilir mengharapkan glontoran anggaran dari Pemeintah Propinsi Kalteng,” kata Fransico B. Dehen diruang kerjanya, Rabu (29/1/2020).

Dijelaskan, Kecamatan Kapuas Hilir merupakan wilayah tertua di Kabupaten Kapuas. Namun demikian, pembangunan di wilayah tersebut bisa dibilang masih tertinggal.

Baca Juga :  GPI Jakarta Raya Desak Kepala Kanwil Depag Jakarta Mundur

“Pondasi siringnya yang memerlukan dilakukannya rehabitasi total. Karena kondisi siringnya ada yang bronjong. Ada juga dari kayu sudah mengalami bocor. Dan kerusakan tersebut akan mengalami longsornya tanah dibelakangnya, apabila ridak segera ditangani,” jelas anggota Komisi III ini.

Politisi PDIP akrab disapa Papo berasal dari Dapil 4 meliputi Kecamatan Kapuas Murung, Kecamatan Pulau Petak, Kecamatan Dadahub dan Kecamatan Kapuas Hilir ini, mengharapkan perhatian Pemerintah Propinsi Kalteng untuk melakukan penanganan tersebut. (HER)

Loading...

Baca Juga