oleh

Apa Boleh Satu Mobil Punya Plat Nomor Polisi Ganda?

LeaderBoard_700x120

DetikFakta – Beredar di media sosial, sebuah mobil dengan menggunakan plat nomor polisi ganda sedang meluncur di jalanan. Nampak dalam foto yang diambil oleh warganet, salah satu plat mobil tersebut berwarna merah.

Foto tersebut didapat detikfakta.id dari sebuah unggahan warganet yang bernama Darmawan Hadi. Diunggah di facebook pada hari Minggu (7/10/2018) pada pukul 16:07.

Tidak dijelaskan oleh warganet tersebut, kapan dan dimana foto itu diunggah. Namun yang jelas dalam foto tersebut terlihat bahwa mobil Mitsubhisi Pajero tersebut menggunakan plat nomor polisi ganda. Satuplat yang berwarna merah menempel di badan mobil. Sedangkan satu plat lagi berwarna hitan terlihat dalam kondisi menggantung. Posisi menggantung ini seperti alat yang digunakan untuk menempelkan plat hitam diatas plat merah, terlepas.

Plat nomor pertama yang menempel di mobil tersebut terlihat berwarna merah, dengan nomor BG 32 dengan huruf belakangnya tertutup oleh plat nomor yang diatasnya. Sebagai informasi, warna merah pada plat nomor berarti mobil tersebut adalah mobil dinas pemerintah. Kode plat nomor kendaraan BG adalah untuk daerah, area, wilayah kota-kota yang ada di Sumatera Selatan.

Sedangkan plat nomor kedua, yang menindih plat nomor pertama adalah plat nomor berwarna hitam. Nomor polisi yang tertulis disana, BA 1486 AC. Posisi plat nomor ini terlihat menggantung, seperti alat yang digunakan untuk menutupi plat nomor pertama tersebut. Kode huruf BA adalah untuk mendaraan bermotor di wilayah kepolisian Dharmasraya, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Harmawan Hari yang mengunggah foto, mengomentari pengguna mobil tersebut dengan sinis. Dia mengomentari pengguna mobil tersebut yang diduga menggunakan mobil dinas pemerintah untuk bergaya dengan cara menutupinya dengan plat nomor hitam.

“Masih mending aku tandanya hanya punya motor tuabuat bergaya, ketimbang yang ini,” tulis Darmawan.

Berbagai komentar muncul atas postingan foto mobil dengan plat nomor polisi ganda ini. diantaranya dari Hardi Siswanto,” Ngono iku termasuk pelanggaran gak yo (begitu itu termasuk pelanggaran tidak ya -red).

Ada pula yang mengomentari kejadian tersebut yang mengaitkan mobil tersebut sebagai mobil dinas pejabat. “Pejabat kui bebas (pejabat itu bebas -red),” komen Deddy Merzy Copper. (KhA)

LeaderBoard_700x120
Loading...

Baca Juga