oleh

Laode Basir: Apa Kerja Anies Baswedan Setahun Ini?

DETIKFAKTA – Setahun sudah Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta dengan slogan “Maju Kotanya, Bahagia Warganya’. Apa saja yang sudah dilakukan oleh mantan Rektor Universitas Paramadina ini. Bagaimana dengan janji-janji yang diucapkan pada saat kampanye.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta Laode Basir saat ditemui detikfakta.id di kawasan Cikini, Senin malam (15/10/2018) mengungkapkan, tidak semua janji kampanye Anies sudah terpenuhi. Hal ini tak lepas dari masa kepemimpinannya yang baru satu tahun. Namun caleg yang populer dengan julukan “Caleg Marbot” ini meyakinkan, bahwa hingga kini Anies masih on the track dalam mewujudkan janji kampanye.

“Apa kerja Anies Baswedan setahun ini? Secara garis besar, program pembangunan yang diusung Anies berorientasi pada slogan “Maju Kotanya, Bahagia Warganya’. Kemajuan kota secara fisik dan membuat bahagia warga, dalam pengertian fokus pada pembangunan manusianya.”

Secara kemajuan fisik, Caleg DPRD DKI Dapil 2 Jakarta Utara ini menjelaskan upaya yang telah dilakukan Gubernur DKI dalam setahun. Pembangunan fisik yang dilakukan pada tahun pertama ini adalah pembangunan yang berdampak langsung pada masyarakat. Karena sebagian besar konstituen Anies adalah masyarakat kelas bawah, maka demikian pula pembangunan fisik di tahun pertama. Fokus pembangunan fisik yang dilakukan Anies adalah yang bermanfaat langsung bagi masyarakat kelas bawah.

Baca Juga :  Taktik Pihak Penguasa Sangat Berbahaya, Sebuah Opini Asyari Usman

“Kita bisa lihat dan rasakan pembangunan di wilayah ibukota. Pedestrian dibenahi, PKL ditata. Kali-kali dan sungai di normalisasi. Perkampungan direvitalisai. UMKM bergeliat serta pembangunan DP Rumah Rp 0,” jelas Laode Basir.

Dalam membahagiakan warganya, Anies Baswedan telah melakukan berbagai gebrakan. Caleg PAN nomor urut 9 ini mencontohkan tindakan Gubernur menutup tempat hiburan Alexis. Tindakan ini mencerminkan sikapnya yang tidak ada toleransi dengan kemaksiatan. Sebagaimana yang diketahui, tindakan ini memunculkan perlawanan dari berbagai pihak. Bukannya pengertian yang diberikan, justru Anies kian giat menutup tempat-tempat yang disinyalir terjadi praktek maksiat. Yang terbaru adalah penutupan tiga griya pijat di kawasan Pondok Indah.

Laode Basir juga menyebutkan program lain yang berpihak kepada masyarakat kelas bawah, seperti KJP plus + KJS plus. Anies juga memberikan kado terbaik kepada masyarakat Jakarta, dengan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI. Sejak 4 tahun sebelumnya, DKI Jakarta tidak mendapatkan prestasi tersebut.

Baca Juga :  TKI Majalengka Dihukum Mati, Evaluasi Menaker dan Kepala BNP2TKI

“Belum lagi bagaimana keberpihakan Anies pada masyarakat banyak. Semisal penghentian reklamasi. Bergairahnya kegiatan keagamaan. Program revolusi putih bagi siswa sekolah di Jakarta. Kemudian kebijakan hari pertama orangtua wajib mengantar anaknya ke sekolah. Semua itu dalam rangka membahagiakan warganya,” ungkap Caleg Marbot ini.

Menilik apa yang telah dilakukan dalam satu tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta, Laode Basir meyakini Anies Baswedan akan memenuhi semua janji kampanyenya. Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa ini menjelaskan bahwa terpenuhinya semua janji Anies hanya masalah waktu. (Oji)

Loading...

Baca Juga