oleh

Tabloid Media Umat Cekal Wartawan Liput Diskusi Publik

DETIKFAKTA.ID – Sejumlah awak media menyatakan keberatan atas sikap oknum yang mengaku sebagai panitia diskusi publik yang digelar oleh tabloid Media Umat. Oknum tersebut beralasan tempat acara sudah penuh sehingga wartawan tidak tidak diperkenankan masuk.

Disukusi yang diselenggarakan oleh tabloid Media Umat ini digelar di  Hotel Sofyan Jl. Supomo Tebet Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019). Menurut undangan terbuka yang tersebar di sejumlah media sosial, diskusi publik ini dihadiri 5 orang pembicara. Sekjen GNPF Ulama Ustad Edy Mulyadi, Ketua Umum PA 212 Ustad Slamet Ma’arif, ketua LBH Pelita Umat Ahmad Khozinudin, Guru besar Fakultas Hukum UNDIP Profesor Suteki dan mantan Juru Bicara HTI Ustad Ismail Yusanto.

Baca Juga :  Operasi Antik Telabang Polres Kapuas Ciduk 12 Tersangka Pengedar

Larangan wartawan untuk meliput diskusi publik ini disampaikan oleh pria yang mengaku bernama Juni Julfikar. Ia mengaku bertindak sebagai panitia penyelenggara diskusi publik tersebut. Pria yang saat itu mengantongi tanda pengenal PERADI tersebut mengaku melarang wartawan meliput atas perintah atasannya.

700 Covid DF

“Wartawan tidak boleh masuk. Ini perintah pimpinan saya, karena tempat sudah penuh,” katanya kepada wartawan yang datang.

700 Covid DF

Atas kejadian tersebut para wartawan yang datang ke acara diskusi publik tersebut merasa sangat kecewa. Menurut para wartawan, acara tersebut menggunakan undangan terbuka dan bersifat umum. Karenanya, wartawan merasa punya hak untuk menginformasikan acara tersebut kepada publik.

Sempat terjadi perdebatan antara seorang wartawan yang mengenakan tanda pengenal viva.com dengan Juni Julfikar. Ia mengaku keberatan dengan alasan undangan yang disebar bersifat terbuka.

Baca Juga :  Ahmad Ahyar: Semua Jadi Saksi Perubahan

“Ini apa-apaan kok kita tidak boleh masuk. Kan ini undangan terbuka,” tegasnya.

Hingga acara diskusi terbuka tersebut berakhir, para wartawan tidak diperkenankan untuk meliput. (ANW)

700 Covid DF
Loading...

Baca Juga